Yuk, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7 Ini!

Realme 7

Realme sebagai sub-brand dari OPPO tidak bosan-bosannya merilis produk yang disukai oleh pasar Indonesia. Setelah meluncurkan Realme 6 series, kini hadir juga Realme 7 yang berada pada segmen harga yang sama.

HP ini membawakan serangkaian peningkatan dari segi performa chipset, kamera, dan juga baterai, serta digadang-gadangkan sebagai ponsel trendsetter untuk HP kalangan mid-range. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan Realme 7 ini? Berikut Carisinyal jabarkan poin-poinnya untuk Anda.

Spesifikasi Realme 7

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali G76 MC4 (900 MHz)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme 7

Apa benar Realme 7 layak menyandang status HP kelas menengah terbaik? Berikut adalah poin-poin kelebihan Realme 7 yang menarik untuk disimak.

1. Performa Chipset Bertenaga di Kelasnya

realme 7 helio g95

Sebagai ponsel mid-range yang bertenaga, Realme 7 memang cocok untuk dipakai bermain game secara kasual maupun profesional. Pasalnya, ini adalah perangkat pertama di dunia yang diotaki chipset baru dari MediaTek, yakni Helio G95 dengan fabrikasi 12 nm.

Ini adalah salah satu chipset paling berperforma yang mampu menyaingi Snapdragon 720G sekalipun. Dibandingkan dengan Helio G90T selaku chipset generasi sebelumnya, Helio G95 sedikit mengalami peningkatan dari segi kecepatan Mali G76 MC4 sebagai pengolah grafisnya.

Dari segi performa, Realme 7 memang tidak mendapatkan loncatan peningkatan yang drastis ketimbang Realme 6. Tapi seberapapun peningkatan yang ada, tetap perlu diapresiasi, bukan?

realme 7 antutu 8

Realme 7 AnTuTu v8. * sumber: www.gsmarena.com

Seperti yang terlihat di atas, bahwa Realme 7 cukup mampu menghadirkan skor benchmark AnTuTu v8 yang mengungguli berbagai kompetitornya seperti Redmi Note 9 Pro dan seri Realme 6.

Itu tadi perbandingan dari segi benchmark sintetis, bagaimana kalau dengan kondisi di dunia nyata? Situs BGR.in pun turut mengamini kebolehan performa Realme 7. Mereka berkata bahwa game berat seperti PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar pada pengaturan Balance dan frame rate Ultra.

Game lainnya seperti COD Mobile dan Asphalt 9 juga bisa meraih pengaturan High dengan menawarkan pengalaman frame rate yang stabil. Sebagai SoC di pasar harga ponsel menengah, Helio G95 yang mengotaki Realme 7 sungguh tidak mengecewakan.

2. Quad Camera dengan Hasil Foto Memukau

Jangan biarkan Anda mati gaya di medsos karena hasil foto yang mengecewakan. Nah, dengan menggunakan Realme 7 sebagai daily driver, kondisi seperti apapun bisa disulap menjadi momen berfoto ria berkat kameranya yang fantastis.

Jika ditilik sekilas, Realme 7 masih membawakan konfigurasi empat kamera yang sama dengan Realme 6. Tapi, kini alih-alih menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 untuk kamera utamanya, Realme 7 menghadirkan Sony IMX682 dengan dukungan fitur kamera yang lebih baik.

Sensor utama yang dihadirkan memiliki resolusi 64 MP dengan ukuran sensor yang besar, yakni 1/1.73″. Masih ada tiga lensa lainnya yang terdiri dari kamera ultra lebar dengan FOV sebesar 119 derajat, kamera makro 2 MP dengan jarak 4 cm, serta lensa bokeh yang juga berkekuatan 2 MP.  Di bagian depan, tersemat sensor Sony IMX471 beresolusikan 16 MP dengan bukaan apertur f/2.1.

Kamera belakang Realme 7 juga membawakan sejumlah fitur menarik dan unik, di antaranya adalah Starry Night untuk memotret langit berbintang pada malam hari, Super Nightscape untuk mode malam minim pencahayaan, AI Beauty untuk mempercantik wajah, Chroma Boost untuk hasil dengan warna lebih bagus, dan masih banyak lagi.

Untuk bagian perekaman video, Realme 7 mendukung resolusi besar hingga 4K pada kecepatan 30 FPS serta fitur UIS Max Video Stabilization untuk merekam adegan penuh aksi tanpa goyang. Yuk simak beberapa hasil sampel foto dari Realme 7 berikut ini.

realme 7 kamera sampel

* sumber: realme%207%20antutu%208

realme 7 ultra lebar

Realme 7 ultra-wide. * sumber: realme%207%20antutu%208

realme 7 kamera bw

Realme 7 B/W. * sumber: www.91mobiles.com

realme 7 kamera mode malam

Realme 7 Night Mode. * sumber: realme%207%20antutu%208

3. Kehadiran Refresh Rate 90 Hz

realme 7 90hz

Kalau Anda tidak ingin membeli HP dengan harga mahal hanya untuk merasakan refresh rate 90 Hz, Realme 7 ini bisa jadi pilihan yang tepat. Saat ponsel ini dirilis, sungguh jarang perangkat mid-range yang dibekali dengan laju penyegaran 90 Hz yang bisa membuat tampilan pada layar bergerak semakin mulus.

Ini sungguh menjadikan Realme 7 sebagai salah satu pendatang terbaik di rentang harganya. Selain laju penyegaran yang 50% lebih tinggi ketimbang 60 Hz biasa, Realme 7 juga dibekali dengan touch sampling rate 180 Hz supaya layar lebih cepat merespon saat Anda melakukan tap.

Fitur layar ini juga didukung dengan keberadaan layar penuh yang rasio perbandingan bodi ke layarnya mencapai 90%. Mengusung panel IPS LCD, Realme 7 menghadirkan ukuran bentang layar 6,5 inci dengan resolusi Full HD+. Agar semakin nyaman dilihat, layar Realme 7 sudah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland.

4. Daya Tahan Baterai dan Fast Charging Unggul

realme 7 baterai awet

Kemampuan baterai merupakan salah satu tolok ukur pada sebuah smartphone. Inilah yang membuat Realme 7 sangat unggul, karena mengalami peningkatan kapasitas baterai ketimbang generasi pendahulunya. Saat Realme 6 masih dibekali 4.500 mAh, Realme 7 kini membawakan kapasitas 5.000 mAh (typ) untuk daya tahan penggunaan HP yang lebih lama.

Realme juga mengklaim kalau HP ini bisa bertahan selama satu bulan dalam keadaan siaga atau stand by. Sementara untuk kondisi pemakaian normal, HP niscaya bisa bertahan hingga dua hari jika diatur dalam keadaan refresh rate 60 Hz.

Nah untuk Anda yang mengaktifkan refresh rate tinggi, Realme 7 memiliki pengaturan adaptif di mana ponsel akan mengembalikan laju penyegaran ke 60 Hz saat layar sedang statis. Jika di-scroll, barulah kembali ke 90 Hz. Ini merupakan cara Realme untuk menjaga daya tahan baterai tetap awet walau berada di laju penyegaran tinggi.

Yang menariknya lagi, ada juga fitur Super Power Saving Mode yang bisa menjaga ponsel tetap mampu dipakai telepon atau chatting WhatsApp selama berjam-jam sekalipun sisa baterai tinggal 5% lagi.

Pembelian Realme 7 juga sudah disertakan dengan casan 5V/6A alias 30W untuk pengisian daya yang cepat. Setidaknya, hanya dibutuhkan waktu 65 menit untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%. Ya, fast charging bertajuk 30W Dart Charge ini sungguh unggul ketimbang fast charging 18W yang dimiliki kebanyakan pesaing di kelas harga yang sama.

5. Konektivitas NFC

realme 7 nfc

Sebelumnya, Realme 6 series hanya menghadirkan NFC pada region pasar tertentu saja. Waktu itu Indonesia memang tidak kebagian NFC saat Realme 6 dirilis. Tapi untuk Realme 7 yang sekarang, akhirnya kita kebagian fitur NFC yang berguna ini.

Memang apa sih fungsinya NFC? Secara singkat, NFC memiliki kepanjangan Near Field Communication yang berfungsi untuk mengecek saldo eMoney atau eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi HP.

Bahkan, kedua ponsel yang memiliki fitur NFC bisa membagikan data seperti kontak ataupun file dengan cara yang instan, tidak seperti Bluetooth yang mengharuskan kedua perangkat di-pair terlebih dahulu.

Seringkali produk-produk smartphone yang hadir di Indonesia tidak dibekali NFC, padahal produk yang sama di luar negeri sudah dihadirkan dengan fitur ini.

Kehadiran NFC di ponsel segmen menengah seperti Realme 7 bisa jadi pertanda kalau ke depannya ponsel-ponsel dengan harga serupa akan turut menghadirkan NFC pula di Indonesia. Jika memang iya, berarti Realme 7 sudah menjadi trendsetter dalam hal pengadaan fitur ini.

6. Ada Slot Khusus untuk Memori Eksternal

realme 7 slot khusus microsdxc

Realme 7 sudah dihadirkan dengan konfigurasi kamera yang mumpuni. Cukup sayang kalau pengguna tidak bisa menyimpan banyak video atau foto. Untuk itu, Realme 7 menyertakan dukungan triple tray slot agar pengguna bisa menyematkan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal sekaligus.

Ponsel ini sendiri pun sudah dilengkapi dengan kapasitas memori internal yang memadai, yakni berukuran 128 GB pada standar teknologi UFS 2.1. Sementara itu, ada juga RAM yang berkapasitas 8 GB menggunakan LPDDRX4.

7. Mendukung Netflix HD

netflix hd

Semenjak kehadiran Netflix di Indonesia, rakyat berbondong-bondong mengubah kebiasaan menonton film. Yang awalnya hobi membeli DVD ataupun berlangganan TV kabel, mulai berangsur-angsur pindah ke Netflix karena lebih praktis. Sayangnya, tidak semua perangkat HP bisa memutarkan film di resolusi HD sekalipun Anda sudah berlangganan paket HD.

Ini karena HP butuh mendapatkan sertifikasi yang sesuai sebelum bisa mendukung resolusi tinggi. Seperti yang dikatakan situs BGR.in, Realme 7 ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi Widevine L1 agar bisa menikmati konten-konten HD pada layanan streaming Netflix dan juga Amazon Prime Video.

8. Desain Bodi yang Memesona

realme 7 desain bodi

Jika sebelumnya desain Realme 6 series terinspirasi dari komet, kini Realme 7 menghadirkan desain bodi belakang yang terinspirasi dari kaca cermin.

Desain bodinya sungguh memancarkan permainan efek visual cahaya yang kian membuatnya tampak premium. Untuk variasi warnanya sendiri, ada dua yang bisa dipilih yakni Mist White dan Mist Blue.

Kekurangan Realme 7

Selain dari berbagai kelebihan yang ada, alangkah baiknya pembeli mencari tahu soal kekurangan Realme 7. Yuk simak poin-poin di bawah ini!

1. Realme UI Penuh Bloatware

realme ui

Di tahun 2019, produk-produk Realme umumnya menghadirkan sistem operasi yang berbalutkan antarmuka ColorOS – ini adalah jenis antarmuka Android milik OPPO. Menginjak tahun 2020, Realme akhirnya memiliki skin OS sendiri dengan nama “realme UI”.

Realme UI sendiri adalah OS yang merupakan modifikasi dari ColorOS 7, dan pertama kali dihadirkan pada Realme C3 yang rilis pada Februari 2020. Sudah bisa ditebak, Realme 7 juga kebagian merasakan Realme UI ini.

Namun sayangnya, walau antarmukanya menjadi lebih fresh dengan beberapa penambahan baru, Realme UI memiliki banyak bloatware yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna. Bloatware merupakan aplikasi-aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu banyak digunakan, dan akhirnya memakan seporsi ruang pada memori internal.

Sebagian ada yang bisa dihapus sendiri ada pula yang tidak. Kekurangan ini sebenarnya kembali lagi ke preferensi pengguna, bisa jadi Anda tidak keberatan dengan aplikasi-aplikasi bawaan yang dihadirkannya. Tapi bagi pengguna yang ingin bebas menentukan aplikasi apa saja yang diinstal, isu bloatware ini bisa cukup mengganggu.

2. Bodi yang Terbilang Tebal

realme 7 bodi

Realme 7 adalah salah satu entri terbaik pada segmen mid-range, karena memang hadir dengan beragam keunggulan yang layak dicontoh oleh para pesaingnya. Nah, ini turut menjadi alasan yang membuat bodi Realme 7 terasa tebal ketimbang Realme 6.

Ya, Realme 7 sendiri memiliki dimensi bodi 162.3 x 75.4 mm dengan ketebalan 9,4 mm. Ketimbang pendahulunya, Realme 6 dan Realme 6 Pro hanya menghadirkan ketebalan 8,9 mm. Umumnya bodi yang tebal bisa berpengaruh pada kenyamanan pengguna saat menggenggam. Kalau misalnya lebih tipis lagi, pasti Realme 7 akan sedikit lebih oke.

Simpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Realme 7 tadi, kini saatnya Anda yang menentukan apakah ponsel ini worth it atau tidak dengan harganya yang sebesar Rp3.999.000,-.

Yang pasti, kehadiran fitur layar refresh rate 90 Hz jarang bisa didapatkan pada harga segini – fitur yang turut hadir pada ponsel menengah lainnya seperti Realme Narzo, Realme 6, dan Realme 6 Pro.

Helio G95 yang mengotaki ponsel ini juga tergolong sangat manjur dalam mengangkat game-game berat, begitu pun dengan kehadiran sensor Sony IMX682 yang merupakan peningkatan dari seri Realme sebelumnya.

Tertarik memiliki ponsel ini? Anda sudah bisa membawanya pulang sejak 19 September 2020 melalui link ini. Atau jika Anda ingin mencari HP lain di rentang harga yang sama, kami juga menghadirkan artikel HP 4-jutaan terbaik sebagai bahan rujukan Anda.

Kami juga senantiasa menghadirkan informasi terbaru terkait ponsel-ponsel Realme terbaru. Dan, jika Anda penasaran dengan ponsel Realme terbaik (per September 2020), ada Realme X50 Pro sebagai ponsel Realme pertama yang menghadirkan konektivitas 5G di Indonesia.