Teddy Tegaskan Persib Tolak Gagasan Kompetisi Tanpa Degradasi

Teddy Tegaskan Persib Tolak Gagasan Kompetisi Tanpa Degradasi

Berita Liga 1 Indonesia : Persib Bandung melalui Direktur Utamanya, Teddy Tjahjono menolak kompetisi Liga 1 2021/2022 tanpa degradasi. Menurutnya ini tidak sesuai dengan prinsip dan statuta dari induk organisasi sepakbola dunia, FIFA.

Akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan mengenai rencana PSSI untuk menghapus degradasi di strata Liga 1 khusus di musim 2021/2022. Regulasi itu tercetus dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 3 Mei lalu.

Alasan munculnya gagasan itu kabarnya karena banyak klub yang mengingingkan tidak adanya degradasi. Karena situasi pandemi COVID-19 dinilai masih akan menjadi tantangan buat para klub.

Namun dari pihak Persib, Teddy Tjahjono menegaskan tidak setuju dengan gagasan tersebut. Menurutnya kompetisi itu harus tetap memberlakukan hukuman degradasi karena semua sudah tercantum di statuta FIFA.

“Kami sangat menolak kompetisi Liga 1 tanpa degradasi. Prinsip dasar dari kompetisi, yaitu sporting merit and integrity harus dijalankan. Statuta FIFA dan AFC mengatur dengan sangat jelas memgenai sporting merit & integrity,” ujar Teddy ketika diwawancara.

Kebijakkan penghapusan degradasi diambil karena banyak tim yang compang-camping karena covid-19 terutama dari aspek finansial. Situasi itu bisa membuat tingkat kompetensi tim berkurang dan resiko turun kasta semakin besar.

Teddy sendiri tidak mau mengomentari kondisi dari peserta Liga 1 yang lain. Namun dia lebih melihat dampak keputusan dari Exco PSSI ini bisa mencederai prinsip sportivitas dan tidak mengikuti regulasi yang dibuat FIFA.

“Saya tidak ingin berkomentar mengenai klub lain. Tapi PSSI/LIB harus menegakan prinsip dasar kompetisi yaitu sporting merit and integrity. Sporting merit and integrity diatur jelas kok di FiFA atau AFC,” kata bos Persib ini.

Rencananya meskipun ada penghapusan degradasi di Liga 1 tapi jatah promosi dari Liga 2 tetap disediakan. Ada dua slot yang diberikan sehingga membuat kompetisi kasta tertinggi Indonesia berjumlah 20 peserta musim depan.

Selain Persib, sudah banyak tim yang menyatakan penolakan terhadap keputusan kompetisi tanpa degradasi. Ada Borneo FC, Persipura, Madura United dan Bali United. Tapi ada pula tim yang mendukung seperti Barito Putera dan Persiraja.

Artikel Tag: Teddy Tjahjono, Persib, PSSI

Barmaton Info