PILKADA Kampanye di Masa Pandemi Corona, Ini Aturan Main dari Bawaslu Pasaman Dipublikasikan

PILKADA Kampanye di Masa Pandemi Corona, Ini Aturan Main dari Bawaslu Pasaman Dipublikasikan

PASAMAN (Sumbar) Barmaton Info | Tahapan Pilkada sudah memasuki tahapan kampanye. Tidak seperti biasanya, tahapan kampanye kali ini bertambah aturan mainnya. Terutama dalam protokol kesehatan menghindari penyebaran corona.

Ketua Bawaslu Pasaman merinci, secara Nasional Bawaslu RI telah merilis aturan main kampanye di masa pandemi corona saat ini.

“Ada beberapa aturan main yang diperbolehkan dalam berkampanye. Mulai dari pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik atau debat terbuka, pemasangan alat peraga kampanye, penyebaran bahan kampanye pada khalayak umum, penayangan iklan kampanye pada media cetak, elektronik, mesia massa atau media daring lainnya hingga paraturan kampanye lainnya yang diatur sesuai undang-undang,” kata Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, Minggu (4/10/2020).

Dilanjutkan Rini, adapun hal yang tidak boleh dilakukan dalam berkampanye di masa pandemi ini. Mulai dari rapat umum, menggelar perlombaan, kegiatan kebudayaan seperti pentas seni, konser hingga panen raya.

“Kegiatan olah raga seperti jalan santai atau sepeda santai, kegiatan sosial seperti bazar atau donor darah hingga perayaan hari jadi partai,” kata Rini.

Diakui Rini, bila ada para pihak yang melanggar, Bawaslu tidak bakal diam. Tindakan tegas bakal dilayangkan. Terutama tindakan yang dilakukan ialah penyuratan. Bila tidak ditanggapi, maka Bawaslu bakal membubarkan paksa kegiatan yang dilarang tersebut. (Tim)