Liga Europa 2019/2020: Prakiraan Susunan Pemain Shakhtar Donetsk Kontra FC Basel

Liga Europa 2019/2020: Prakiraan Susunan Pemain Shakhtar Donetsk Kontra FC Basel

Berita Liga Europa: Dua tim kuda hitam, Shakhtar Donetsk dan FC Basel, akan memperebutkan tiket ke semifinal Liga Europa saat saling berhadapan di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, pada Rabu (12/8) dini hari pukul 02.00 WIB.

Shakhtar Donetsk dan FC Basel bukanlah tim-tim seperti Manchester United, Inter Milan, dan Sevilla yang memiliki nama besar untuk menjadi unggulan populer di Liga Europa, namun keduanya tentu memiliki potensi untuk memberi kejutan.

Shakhtar mengamankan tiket ke perempat final berkat keunggulan agregat 5-1 atas tim Bundesliga, Wolfsburg, dengan berhasil merengkuh kemenangan 3-0 pada leg kedua babak 16 besar yang digelar pekan lalu.

Mereka menyudahi Liga Ukraina musim ini dengan keunggulan 23 poin di puncak klasemen, yang kembali menekankan dominasi mereka di pentas domestik. Shakhtar juga belum pernah kalah di kompetisi mana pun sejak tanggal 15 Maret lalu.

Shakhtar Donetsk merupakan tim buangan dari Liga Champions setelah menempati urutan ketiga Grup C bersama dengan Manchester City dan Atalanta, dua tim yang masih bertahan di perempat final Liga Champions saat ini.

Tim asuhan Luis Castro bukanlah kubu yang bisa diremehkan, mengingat mereka pernah memenangkan kompetisi UEFA ini pada tahun 2009 silam.

Sementara itu, FC Basel juga melenggang ke delapan besar dengan menyingkirkan tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt dengan keunggulan agregat 4-0. Tim raksasa Swiss tersebut sudah menang 3-0 pada leg pertama di Jerman pada bulan Maret, dan hanya perlu memastikan diri lewat kemenangan 1-0 pekan lalu.

Tak seperti Shakhtar yang dominan di kompetisi domestik, tim asuhan Marcel Koller menyudahi Liga Swiss di peringkat ketiga di belakang Young Boys dan St Gallen, yang baru saja berakhir pada awal bulan ini, yang berarti mereka harusnya memiliki kondisi fisik yang sangat siap meski mungkin dilanda sedikit kelelahan.

Kabar tim Shakhtar meliputi Davit Khocholava yang absen karena dikartu merah pada pertandingan sebelumnya kontra Wolfsburg pada pekan lalu.

Mykola Matvyenko diperkirakan untuk kembali mengisi pos bek tengah setelah sempat digeser ke kiri pada kemenangan atas wakil Bundesliga pekan lalu.

Sementara FC Basel juga tidak bisa mengandalkan bek tengah Eray Comert yang menjalani sanksi akumulasi kartu kuning, sedangkan Jonas Omlin menepi karena cedera.

Djordje Nikolic diperkirakan akan menutupi ketiadaan Omlin di bawah mistar gawang, selagi Jasper van der Werff diperkirakan akan mengisi ketiadaan Comert di pos bek tengah.

Prakiraan Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Pyatov; Dodo, Krvtsov, Matvyenko, Bolbat; Antonio, Stepanenko; Marlos, Patrick, Taison; Moraes.

FC Basel (4-2-3-1): Nikolic; Widmer, Werff, Alderete, Petretta; T. Xhaka, Frei; Stocker, Campo, Pululu; Cabral.

Artikel Tag: Shakhtar Donetsk, FC Basel, Liga Europa