Direktur Balapan F1 Bantah Tuduhan Lewis Hamilton

Direktur Balapan F1 Bantah Tuduhan Lewis Hamilton

Berita F1: Lewis Hamilton mengatakan otoritas balapan F1 mencoba untuk menjegalnya meraih kemenangan di GP Rusia. Namun, Direktur Balapan F1, Michael Masi membantah tudingan itu.

Perdebatan ini muncul setelah pengawas balapan (steward) memberitahu Hamilton bahwa pembalap Mercedes itu melanggar aturan karena latihan start di luar area yang sudah ditentukan sebelum balapan pada Minggu (27/9).  Hamilton beranggapan penalti tersebut dijatuhkan untuk menghentikan dominasinya di balapan musim ini.

“Kami punya pengawas sebagai penilai independen untuk mengadili mereka, dan karena itu ada pelanggaran dan itu bukan masalah (hanya karena) Lewis Hamilton atau siapapun dari 19 pembalap lainnya,” kata Masi sebagaimana dipetik dari The Guardian.

“Jika ada pelanggaran terhadap aturan mereka akan dilihat dari keuntungan yang diperoleh darinya. Juga selanjutnya saya bakal bilang (penilai) mengadili dengan setara dan adil dalam situasi tersebut, melihat semua elemen kunci untuk dipertanggungjawabkan.”

Hamilton sendiri menyebut hukuman tersebut sebagai hal yang konyol. Ia berasumsi hukuman itu diterapkan ketika ia sedang dalam posisi mengejar rekor milik legenda Ferrari asal Jerman, Michael Schumacher.

“Dari perspektif FIA, kami ada sebagai pengatur keolahragaan untuk menjalankan aturan,” kata sang Direktur Balapan F1 itu.

“Dari perspektif saya sangat simpel bahwa jikaHamilton ingin mengutarakan sesuatu–sebagaimana yang sudah saya katakan kepadanya sebelumnya dan kepada seluruh pembalap berkali-kali–pintu selalu terbuka. Saya akan lebih senang untuk mendiskusikan apapun.”

Hamilton akhirnya hanya bisa mengakhiri balapan di Sochi di posisi ketiga di belakang Valtteri Bottas dan Max Verstappen. Ia juga harus menunda untuk menyentuh rekor 91 kemenangan milik Schumacher yang sudah bertahan sejak 2006.

Aturan tentang batas area yang diizinkan bagi pembalap untuk melakukan latihan start juga menimbulkan kebingungan. Hanya saja, Direktur Teknik Mercedes, Andrew Shovlin, mengaku menyadari bahwa Hamilton terlalu jauh keluar dari area yang sudah ditentukan. “

Kami belum sadar seberapa jauh dia keluar (batas). Ketika kami melihat posisi mobil, itu tidak terlalu mengejutkan bahwa mereka (steward) tidak menyukainya,” ucap Shovlin

Artikel Tag: Lewis Hamilton, f1

Barmaton Info