Cara Menginstal Android 12 Beta Terbaru, Panduan Step by Step

Cara Menginstal Android 12 Beta Terbaru, Panduan Step by Step

Jakarta, Barmaton Info – Setelah melalui fase early developer preview, kini hadir Android 12 beta ketiga. Sementara build pengembang sebelumnya adalah build yang sangat awal, Android 12 beta yang baru memperkenalkan beberapa perubahan pada OS dan seharusnya jauh lebih stabil.

Google mengatakan tujuan utamanya adalah membuat Android 12 “lebih intuitif, berkinerja lebih baik, dan lebih aman.” anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Android beta baru di sini.

Seperti yang anda harapkan dengan versi beta, terbaru ini ditujukan terutama untuk pengembang. Meskipun lebih jauh dari tampilan terakhir, kami berhati-hati untuk tidak mencobanya kecuali anda memiliki perangkat sekunder yang tergeletak di sekitar, karena mungkin terlalu buggy untuk digunakan sebagai pengemudi harian.

Bagi mereka yang memiliki Pixel cadangan atau yang ingin berhati-hati, anda dapat mengunduh dan menerapkan pembaruan secara manual atau melalui OTA. Yang mengatakan, metode yang disarankan adalah pembaruan over-the-air yang dapat Anda daftarkan di sini.

Meskipun menggunakan gambar pabrik biasanya merupakan metode default, sangat menyarankan untuk melewatkan gambar pabrik demi gambar OTA. Anda masih harus menginstalnya secara manual, tetapi menggunakan gambar OTA tidak mengharuskan anda untuk menghapus perangkat anda sepenuhnya. Tentu saja, jika anda seorang pengembang dan menginginkan metode terbersih, gambar pabrik mungkin lebih baik.

Inilah yang anda butuhkan untuk memulai

  • Perangkat Pixel 3 atau lebih baru yang kompatibel dan kabel USB untuk menyambungkannya ke komputer
  • Ponsel Pixel yang kompatibel termasuk Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G, dan Pixel 5
  • Android SDK yang diinstal pada mesin anda dengan perintah ADB dan Fastboot berhasil bekerja.

Sekarang untuk langkah-langkah yang sebenarnya.

Unduh file yang tepat untuk menginstal Android 12 beta

Anda harus mengunduh file yang sesuai untuk perangkat anda sebelum memulai. Sebaiknya gunakan gambar OTA daripada gambar pabrik, karena prosesnya lebih mudah dilakukan dan memungkinkan anda menyimpan file lama jika itu yang anda ingin.

Anda juga dapat menggunakan gambar pabrik lengkap, yang memerlukan lingkaran ekstra seperti membuka kunci bootloader anda dan banyak lagi. Jika anda ingin menjaga semuanya tetap sederhana, kami sarankan untuk mengesampingkan OTA. Kami merancang petunjuk kami di bawah ini untuk jenis pemasangan ini.

Siapkan ponsel anda

Setelah Anda menginstal file, anda perlu me-reboot ponsel anda ke Recovery Mode untuk menerapkan OTA. Kemudian, anda akan siap untuk menginstal Android 12 beta.

  • Pertama, matikan ponsel anda.
  • Selanjutnya, tahan tombol Daya dan Volume Turun secara bersamaan.
  • Menu bootloader sekarang akan muncul. Gunakan tombol volume untuk menggeser ke bawah ke Recovery Mode.
  • Pilih Recovery Mode dengan mengklik tombol power.
  • Anda akan disajikan dengan robot Android dengan tanda seru di atasnya. Sekarang anda akan menekan tombol daya dan tombol volume atas selama sekitar satu detik.
  • Lepaskan tombol volume atas akan mengirim anda sepenuhnya ke pemulihan.
  • Selanjutnya, gunakan tombol volume dan gulir ke bawah ke Terapkan pembaruan dari ADB. Tekan tombol daya untuk memilih opsi.
  • Terakhir, anda akan melihat layar kosong yang memberitahu anda cara melakukan sideload OTA.

Siapkan PC Anda untuk menginstal Android 12 beta

Sekarang ponsel anda sudah siap, saatnya untuk mewujudkan keajaiban.

  • Hubungkan handset Anda ke PC melalui kabel USB. Ingat, PC anda perlu menginstal alat ADB.
  • Di Windows, masuk ke Command Prompt. Di Linux atau Mac, anda ingin menggunakan Terminal. Untuk pengguna Windows, pastikan anda menavigasi ke mana pun anda menyimpan folder.
  • Selanjutnya, anda harus memasukkan adb sideload untuk Windows atau ./adb sideload untuk Mac/Linux.
  • Sekarang anda ingin memasukkan nama folder .zip dari sebelumnya dan tekan enter.
  • Setelah selesai, ponsel anda akan kembali ke Mode Pemulihan, dan anda dapat melepas kabel USB.
  • Pergi ke Reboot Now dengan tombol volume dan tekan tombol power.

Itu dia. Jika semuanya berjalan baik-baik saja, anda berhasil menginstal Android 12 beta.