Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah

Windows 10 Versi 1909

Sekarang semakin sering ditemui komputer atau laptop yang dijual beserta sistem operasi Windows di dalamnya. Orang-orang yang membeli sebuah laptop pun tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli DVD Windows asli. Apalagi, harga lisensi Windows untuk satu komputer juga tidak murah.

Karena itu, kehadiran laptop built-in Windows cukup membantu buat konsumen. Bahkan harganya juga relatif lebih murah ketimbang membeli laptop dan Windows secara terpisah. Di sisi lain, terkadang kita lupa tidak menanyakan kepada penjual soal Windows versi berapa yang sudah ter-install di dalam laptop kita.

Sementara itu, stiker tanda bahwa laptop tersebut sudah terinstall Windows–biasanya ditempel di bagian bawah laptop—sudah mengelupas tulisannya. Sekadar informasi, versi adalah istilah yang dipakai Microsoft untuk memberi kode build number pembaruan dari setiap generasi Windows. Di Windows XP dan Windows 7 dulu dikenal dengan istilah Service Pack (SP).

Jadi, versi bukanlah ragam jenis dari Windows seperti: Home, Profesional, atau Pro for Workstations. Microsoft mengistilahkan tiga hal tersebut sebagai “edisi” dari suatu Windows.

Meski begitu, antara versi dan edisi memang ada kaitannya. Kembali ke masalah mencari tahu versi Windows, kamu tak perlu bingung jika menghadapi situasi lupa versi Windows. Sebab, Carisinyal sudah menyiapkan langkah mudah untuk mencari informasi tentang versi Windows yang ter-install di sebuah komputer atau laptop di artikel ini.

Versi Windows yang Perlu Diketahui

Sebelum ke pembahasan inti, mari bahas terlebih dahulu apa saja versi suatu Windows. Setiap generasi mungkin memiliki jumlah versi yang berbeda. Di Windows 10, Microsoft sudah meluncurkan 11 versi pembaruan sejak meluncur pada 2015. Namun, Carisinyal akan membahas tiga versi terbaru yang masih mendapat dukungan hingga artikel ini ditulis. Apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Windows 10 Versi 1909

* sumber: news.thewindowsclub.com

Microsoft menamai update Windows 10 yang mereka luncurkan pada 12 November 2019 dengan version 1909. Sementara kode yang diberikan untuk versi ini adalah 19H2, berikut build number 18363.  Di versi ini, Microsoft menawarkan lima perubahan penting.

  • Pertama, kemampuan membuat agenda di kalender agar muncul di taskbar.
  • Kedua, perbaikan masalah manajemen notifikasi, banner, dan thumbnail yang tampil di action center.
  • Ketiga, ikon navigasi “Start” berubah menjadi berwarna dengan label, ketika kursor menyorotnya.
  • Keempat, aplikasi pihak ketiga kini mampu digunakan sejak Windows masih terkunci.
  • Kelima, aplikasi penyimpanan One Drive sudah terintegrasi kala mencari sesuatu di kolom pencarian File Explorer.

Windows 10 versi 1909 ini masih diberikan dukungannya hingga 11 Mei 2021 pada edisi Home, Pro, Pro Education, dan Pro for Workstations. Sedangkan untuk edisi Enterprise dan Education baru akan dihentikan dukungannya pada 10 Mei 2022.

2. 2004

Windows 10 Versi 2004

* sumber: wccftech.com

Microsoft meluncurkan versi terbaru dari Windows 10 hanya enam bulan dari kemunculan 19H2. Tepatnya pada Mei 2020, versi bernama 2004 itu dirilis. Versi Windows 10 dengan kode 20H1 ini juga dikenal dengan build number 19041.

Ada 11 peningkatan yang disajikan Microsoft pada Windows 10 versi 2004. Di antaranya adalah peningkatan kecepatan saat menghubungkan komputer ke perangkat lain melalui koneksi bluetooth.

Kemudian, peningkatan emotikon Kaomoji, peluncuran versi stabil dari Direct X 12, dan dibukanya akses menggunakan Windows Hello Pin ketika memasuki Safe mode. Seluruh pengguna Windows 10, dengan edisi apapun, di versi ini akan terus mendapatkan dukungan sampai 14 Desember 2021

3. 20H2

Windows 10 20H2

* sumber: wccftech.com

Windows 10 dengan versi 20H2 membawa perubahan yang lumayan besar, Oktober 2020. Sebab, versi yang memiliki build number 19042 juga membawa seluruh peningkatan yang ada pada versi 2004. Beberapa peningkatan di berbagai sektor juga turut dibawa. Seperti versi terbaru dari peramban (browser) Microsoft Edge.

Ada juga perpindahan secara otomatis ke mode tablet pada laptop 2-in-1, ketika layarnya dipisahkan dari keyboard. Pengguna versi ini di Windows 10 edisi Home, Pro, Pro Education, dan Pro for Workstations akan terus mendapat dukungan hingga 10 Mei 2022. Sementara edisi Enterprise dan Education akan didukung sampai 9 Mei 2023.

Macam-macam Edisi pada Windows

Pada awal pembahasan sudah sedikit disinggung mengenai edisi dalam generasi Windows. Secara sederhana, edisi adalah varian yang diluncurkan untuk menyasar segmen tertentu. Dalam Windows 10 misalnya, ada enam edisi yang diluncurkan.

Enam edisi itu adalah Home, Pro, Pro Education, Education, Pro for Workstations, dan Enterprise. Meski ada enam, hanya tiga yang dijual secara bebas di toko-toko. Tiga edisi itu adalah Home, Pro, dan Pro for Workstations. Sementara tiga edisi lain dijual untuk organisasi atau instansi. Mari kita bahas satu per satu secara ringkas.

1. Home

Windows 10 Home adalah varian termurah dari Windows 10. Harganya di pasaran sekitar 139 dolar AS. Edisi ini didesain untuk PC, tablet, dan laptop 2-in-1 dan menyediakan seluruh fitur untuk pengguna rumahan. Windows 10 Home tersedia di tipe 32 atau 64 bit.

Karena menyasar pengguna di rumah, fitur yang diberikan pun standar dan tidak neko-neko. Kontrol yang diberikan juga tidak bebas. Misalnya, edisi ini tidak bisa mematikan fitur update otomatis. Akses ke Group Policy seperti edisi lain juga tidak bisa. Meski begitu, hardware yang diperlukan juga tidak perlu spesifikasi terlalu tinggi.

Dalam situs resmi Microsoft dijelaskan bahwa untuk bisa menginstall Windows edisi ini, dibutuhkan komputer dengan prosesor minimum 1 GHz, RAM minimum 1 GB (32 bit) dan 2 GB untuk tipe 64 bit. Kapasitas minimum hardisk yang dibutuhkan juga hanya 20 GB.

2. Professional

Seluruh fitur di Windows Home ada di edisi Pro. Namun, ada beberapa penambahan fitur yang ditujukan untuk kepentingan bisnis dan profesional. Misalnya, fitur enkripsi folder atau file “Bitlocker”.

Ada juga kemampuan membuat mesin virtual untuk kebutuhan server melalui fitur “Hyper V”, khusus di tipe 64 bit. Fitur lain yang bisa diberikan di Windows 10 Pro adalah dukungan RAM hingga 2 TB di tipe 64 bit. Bisa juga dipasangi dua prosesor dengan maksimum 128 core. Di Pasaran, Windows 10 Pro dihargai sekitar 199,9 dolar AS

4. Enterprise

Apa yang ada di Windows 10 Pro hadir dalam edisi Enterprise. Hanya, Microsoft menambahkan beberapa fitur berbasis IT untuk membantu suatu instansi atau perusahaan. Salah satu fitur yang ada di edisi Enterprise tetapi tidak ada di edisi Pro adalah AppLocker. Fitur ini membuat administrator dari komputer membuat daftar putih apa saja aplikasi yang boleh dijalankan, dan daftar hitam aplikasi yang dilarang.

Karena diperuntukkan untuk instansi atau perusahaan, penjualan Windows edisi ini dilakukan dengan partai besar. Windows 10 Enterprise tersedia dalam 32 dan 64 bit. Namun, untuk 32 bit, RAM maksimum yang bisa dipasang adalah 4 GB. Sementara tipe 64 bit mendukung hingga 6 TB. Bisa juga dipasangi 4 prosesor dengan maksimal 256 core. Harga lisensi tunggal untuk Windows 10 edisi ini sekitar 309 dolar AS.

5. Pro for Workstations

Windows 10 edisi ini dijual secara retail, melalui pihak ketiga (OEM), dan partai besar. Secara dukungan, edisi Pro for Workstations mirip dengan Enterprise. Hanya, beberapa profesional fitur tidak disertakan, misalnya AppLocker. Windows edisi ini biasanya digunakan oleh komputer-komputer server.

6. Education

Windows 10 edisi Education pada dasarnya adalah varian dari edisi Enterprise. Namun, ada kustomisasi agar pemakai bisa dikelola oleh instansi pendidikan induk. Fitur-fitur yang tidak diperlukan juga dihilangkan. Seperti tidak mendukung memori RAM bertipe NVDIMM dan Remote Direct Memory Access.

Produk ini dijual melalui partai besar (Volume Licencing), tersedia dalam tipe 32 dan 64 bit. Mampu disandingkan dengan komputer dua prosesor dengan core maksimal 128, dan RAM paling banyak 2 TB untuk tipe 64 bit.

7. Pro Education

* sumber: mspoweruser.com

Awalnya, edisi ini adalah Windows 10 Pro biasa yang dijual melalui OEM dengan nama produk lisensi akademik K-12. Namun, setelah versi 1607 dari Windows 10 Pro muncul, namanya berganti menjadi Windows 10 Pro Education.

Edisi ini ditujukan untuk pengelolaan sekolah atau universitas dan bisa didapatkan dengan pembelian Academic Volume Licensing. Konfigurasi hardware maksimum yang bisa didukung di versi ini sama dengan edisi Education.

Cara Mengetahui Versi Windows

Apa kamu sudah tak sabar mengetahui caranya? Baiklah, ada dua cara yang bisa kamu coba. Yakni melalui tombol kombinasi dan melalui File Explorer. Berikut langkah-langkahnya:

Cek Versi Windows via Tombol Kombinasi

  • Nyalakan komputermu sampai di tampilan awal home.

  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Setelah muncul kolom “Run” ketik “winver”, lalu tekan enter.

  • Seketika akan muncul versi Windows beserta build number-nya.

Cek versi Windows via File Explorer

  • Dari tampilan awal home, tekan tombol Windows + E secara bersamaan.

  • Arahkan kursor ke ikon “This PC” dan klik kanan. Arahkan ke section “Properties” yang terletak di paling bawah.

  • Kini kamu bisa mengetahui versi dan tipe Windows yang ter-install.

Demikian penjelasan mengenai definisi versi, tipe, dan edisi pada Windows, serta tutorial untuk mengetahuinya. Dengan mengetahui versi Windows, kita akan tahu apakah versi yang terpasang ini sudah ketinggalan atau belum. Tentu jika tahu bahwa versinya sudah ketinggalan, kita akan mawas diri untuk segera melakukan update agar keamanannya terjamin.

Sementara dengan mengetahui edisi dan tipe Windows, kita bisa mengerti aturan tertentu mengenai fitur, dukungan hardware dan software yang bisa dipasang di komputer. Misalnya, jika sudah tahu bahwa Windows yang ter-install bertipe 32 bit, maka memori RAM maksimum yang bisa dipasang hanya 4 GB.