10 Situs Download Game PC Resmi yang Bisa Dikunjungi

carisinyal web banner retina

Kegiatan yang biasanya dilakukan saat waktu senggang atau rehat adalah main game. Ada banyak situs legal yang bisa kalian kunjungi untuk bisa mengunduh game-game PC.

Mendownload game lewat website resmi merupakan salah satu wujud dukungan kepada para pengembang game yang telah membangun game kesukaan kalian dengan kerja keras. Berikut ini Carisinyal akan membagikan 10 situs download game PC legal yang bisa kalian kunjungi.

1. Steam

Steam merupakan layanan distribusi video game digital yang dikembangkan oleh Valve Corporation sejak September 2003. Terdapat lebih dari 30.000 game baik dari publisher AAA maupun indie. Untuk mengunduh game dari Steam kalian perlu memasang aplikasi Steam yang tersedia untuk platform Windows, MacOS dan Linux.

Kalian bisa melakukan pembelian game dalam menu Store dalam aplikasi Steam. Kalian juga bisa melakukan pembelian melalui web store.steampowered.com. Nantinya game yang sudah kalian beli akan masuk ke dalam Library dalam aplikasi Steam yang terpasang dan bisa kalian download.

Steam juga memiliki banyak game gratis yang bisa kalian mainkan seperti DotA 2. Steam juga rutin memberikan diskon pada waktu tertentu misalnya saat Summer Sale atau Halloween Sale. Tambahkan game favorit kalian ke dalam wishlist untuk mendapat notifikasi jika game favorit kalian sedang diskon.

2. Epic Games Store

Epic Games Store

Epic Games Store dioperasikan oleh Epic Games sejak Desember 2018. Ada lebih dari 100 game tersedia dalan Epic Store. Epic Games juga merupakan developer game, salah satunya game Fortnite yang juga tersedia secara gratis di Epic Games Store.

Kalian perlu memasang Epic Games Launcher dalam komputer kalian untuk bisa mengunduh game yang kalian beli dari Epic Games Store. Untuk melakukan pembelian game dapat melalui menu Store dalam aplikasi Epic Games Launcher atau kunjungi situs epicgames.com.

Setiap minggu Epic Games selalu memberikan game gratis, tak ada salahnya mengunduh aplikasi Epic Games untuk mendapatkan game eksklusif dari Epic Games setiap minggu.

3. Battle.net

Battle.net

Battle.net merupakan aplikasi yang kalian butuhkan untuk bisa mengunduh game dari Blizzard Entertainment. Blizzard merupakan developer sekaligus publisher game yang sudah berdiri sejak 1994. Game yang tersedia di antaranya World of Warcraft, Overwatch, Diablo II, Diablo III, Hearthstone, Heroes of the Storm, StarCraft, StarCraft II, Warcraft III dan Call of Duty series.

Kalian bisa membeli game lewat situs shop.battle.net atau dari dalam aplikasi Battle.net. Tak hanya menjual game, Blizzard juga menjual konten game seperti Overwatch: Loot Boxes, Diablo III Battle Chest, paket berlangganan World of Warcraft dan masih banyak lagi.

4. itch.io

itch.io

itch.io merupakan situs web digital game dari developer indie yang dibuat Leaf Corcoran dan diluncurkan pada 3 Maret 2013. Tercatat pada Februari 2018 terdapat hampir 100.000 game dan item tersedia di itch.io. Hal ini dikarenakan setiap pengguna dapat membagikan game buatan kalian di situs ini tanpa perlu membayar atau memiliki kontrak dengan terlebih dahulu seperti Steam atau Epic Games.

Kalian bisa langsung mengunduh game yang kalian inginkan lewat situs ini tanpa perlu aplikasi manajer, namun itch.io juga menyediakan aplikasi manajer untuk memudahkan organisasi game-game yang telah kalian download dari itch.io. Jika kalian mencari game-game indie yang unik kalian bisa mencoba menelusuri situs ini, sebagian besar game dibagikan secara gratis.

5. GOG.com

GOGcom

GOG.com adalah toko pendistribusian video game digital yang dioperasikan oleh GOG Limited sejak 2009. Lebih dari 2.700 game tersedia dalam situs ini. Kalian akan membutuhkan aplikasi GOG Galaxy untuk mengorganisasikan game yang kalian download dari GOG.com.

Untuk pembelian kalian dapat mengunjungi gog.com lalu pergi ke menu Store. Pembayaran dapat menggunakan Wallet Funds GOG, kartu kredit/debit, Webmoney, Skrilla atau PayPal. GOG.com juga memiliki lebih dari 100 game gratis, pilih kategori Free dalam Store untuk melihat daftar game gratis.

6. Humble Bundle

Humble Bundle

Humble Bundle merupakan situs penjualan video game digital, buku, komik dan aplikasi dengan sistem bundel. Setiap bulan Humble Bundle menawarkan bundel yang bisa dibeli dan harganya akan jauh lebih murah dibanding membeli item dalam bundel secara terpisah. Dengan membayar 1 dolar Amerika (sekitar Rp 14rb) kalian bisa mendapatkan benefit minimum atau membayar lebih untuk mendapatkan lebih banyak item dalam bundel.

Kalian dapat mengunjungi humblebundle.com untuk melihat daftar bundel yang ditawarkan. Pembayaran di Humble Bundle dapat menggunakan PayPal, AliPay, Amazon atau kartu kredit. Sebagian penjualan dari Humble Bundle disumbangkan ke yayasan amal dan sisanya diberikan kepada setiap pengembang masing-masing produk.

7. Microsoft Store

Microsoft Store

Jika kalian pengguna Windows kalian bisa membuka aplikasi Microsoft Store yang ada dalam komputer kalian untuk membeli game atau lewat situs microsoft.com/en-id/store/games/windows. Terdapat ratusan game gratis yang bisa kalian download dari Microsoft Store. Pembayaran dalam Microsoft Store dapat melalui kartu debit/kredit dan PayPal.

8. Ubisoft Store

Ubisoft Store

Jika kalian penikmat game keluaran Ubisoft seperti Assassin’s Creed series kalian bisa mendownload game Ubisoft di Ubisoft Store. Untuk instalasi game, kalian akan membutuhkan UPlay sebagai aplikasi yang mengorganisasikan game yang kalian download dari Ubisoft Store.

Kalian dapat mengunjungi store.ubi.com atau ke menu Store yang ada dalam UPlay untuk memulai pembelian game. Tak hanya game, kalian juga bisa membeli DLC (Downloadable Content) dari game yang disediakan Ubisoft. Pembayaran dalam Ubisoft Store dapat dilakukan melalui kartu VISA, MasterCard, American Express dan Cherry Credits.

9. Green Man Gaming

Green Man Gaming

Green Man Gaming merupakan penjual video game digital yang berbasis di London, Inggris sejak 2009. Terdapat lebih dari 6.000 game yang tak hanya dari developer AAA, melainkan juga dari developer indie. Tak hanya sebagai tempat pendistribusian game, Green Man Gaming juga menjadi publisher yang dapat membantu dalam hal memasarkan dan menjual game secara global.

Kalian bisa mengunjungi greenmangaming.com untuk melakukan pembelian. Green Man Gaming menerima pembayaran melalui American Express, Apple Pay, BoaCompra, Carte Bleue, Discover, JCB, Maestro, MasterCard, PayPal. Paysafecard, Sofort Banking, UnionPay, VISA debit, VISA, AliPay dan WeChat Pay.

10. GamersGate

GamersGate

GamersGate merupakan toko online video game yang berbasis di Swedia. Game yang kalian download akan langsung terpasang tanpa perlu aplikasi khusus untuk penginstalan seperti beberapa situs lain misalnya Steam atau Epic Store. GamersGate memiliki lebih dari 6.000 katalog game baik dari publisher AAA maupun indie.

Kalian dapat mengunjungi gamersgate.com untuk melakukan pembelian. Pembayaran dalam GamersGate dapat dilakukan melalui PayPal, kartu VISA atau MasterCard.

Itulah 10 situs yang bisa kalian kunjungi untuk mengunduh game PC. Setiap situs memiliki harga masing-masing. Walaupun sedikit merepotkan jika harus memiliki banyak aplikasi game manajer, kalian bisa membandingkan harga di setiap situs untuk mendapatkan game yang kalian inginkan dengan harga yang paling murah. Selamat berbelanja dan main game!